Mengetahui Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi

Elemen Penting Dalam Fotografi

Fotografi memang membutuhkan citarasa seni untuk menghasilkan karya yang menarik. Pasalnya, dunia dalam kamera hanya sebatas ruang frame saja. Sehingga, sang fotografer harus memiliki kepekaan tinggi, bagaimana ‘menyempitkan’ dunia dengan cara yang indah.

Untuk menghasilkan foto yang menawan, tak ada salahnya jika Anda mempelajari dasar fundamental dalam fotografi. Kita tidak akan membahas tentang jenis kamera, tetapi lebih kepada teknik dasar dalam fotografi. Komposisi dan elemen adalah dua hal yang paling penting dalam sebuah foto.

Komposisi Dasar Dalam Fotografi

Istilah komposisi atau framming dalam fotografi, lebih kepada susunan atau tata letak objek di dalam foto. Karena ruang foto yang sempit, pengaturan komposisi menjadi sangat penting. Berikut ini ada beberapa teknik komposisi yang mudah untuk Anda aplikasikan:

  • Rule of Third

Teknik komposisi ini adalah yang paling mendasar. Secara umum, komposisi ini menempatkan objek di sepertiga kanan atau kiri frame. Teknik komposisi ini banyak digunakan oleh para fotografer, karena strukturnya yang mudah. Produsen kamera bahkan menambahkan garis imajiner pada display kamera, sesuai dengan teknik komposisi ini.

  • Frame Ganda

Lebih dikenal dengan komposisi Frame Within the Frame, teknik komposisi ini sangat unik. Contoh foto yang menggunakan teknik ini adalah membidik sebuah objek yang berada di belakang benda lain. Nah, benda lain itu diatur sedemikian rupa sehingga memberikan efek bingkai pada objek utama.

  • Leaving Space

Untuk memaksimalkan teknik komposisi ini, disarankan untuk menggunakan lensa dengan sudut yang relatif lebar. Teknik ini dengan sengaja menambahkan ruang yang luas di sekeliling objek. Teknik ini membuat objek foto menjadi fokus utama, meski foto yang dihasilkan cenderung sangat lebar.

  • Ruang Tajam

Setiap lensa memiliki ukuran aperture alias diafragma yang disimbolkan dengan f. Misalnya, f/1.4, f/4, hingga f/22. Semakin kecil ukuran f maka semakin sempit ruang tajam pada sebuah foto. Memanfaatkan ruang tajam atau depth of fields bisa menjadi sebuah komposisi yang menarik pada sebuah foto.

Lihat Juga : 7 Fotografer Legendaris Dengan Karya Paling Fenomenal

Teknik komposisi ruang tajam bisa dikombinasikan dengan berbagai teknik komposisi lainnya. Jika diartikan, ruang tajam dalam sebuah foto tidak bisa berdiri sendiri. Perlu tambahan komposisi lain untuk membuat hasil foto menjadi lebih indah.

Memahami Elemen Fotografi

Selain komposisi, Anda juga harus mengenal berbagai elemen pada fotografi. Komposisi yang bagus, tanoa memanfaatkan elemen tertentu justru malah membuat hasil foto kurang menarik. Berikut adalah beberapa elemen dasar pada fotografi:

  • Objek

Sebelum melakukan pemotretan, Anda harus memahami apa objek fotonya. Benda, manusia, bahkan garis bisa menjadi objek foto yang indah dengan pendekatan tertentu. Memotret objek dengan baik dilakukan dengan memaksimalkan teknik komposisi yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Warna

Tentu saja keseimbangan warna adalah hal mendasar untuk menciptakan foto yang berseni. Anda bisa mengatur color balance pada kamera Anda. Memang butuh eksperimen untuk menguasai teknik pewarnaan pada fotografi. Bahkan, foto hitam putih pun butuh teknik keseimbangan yang harmonis.

  • Tone

Tone berkaitan dengan kecerahan foto. Efek yang dihasilkan pun berbeda. Misalnya, foto dengan brightness tinggi membuat mood foto lebih ceria, cocok untuk objek yang berwarna warni. Sementara, foto yang cenderung gelap juga bisa menimbulkan kesan dramatis. Jika ingin menghasilkan foto yang menyentuh secara emosional, disarankan menggunakan tone yang agak gelap.

Saturasi warna juga menjadi bagian dari tone. Mood foto Anda akan berbeda dengan aplikasi mood warna yang berbeda. Nuansa foto yang hangat akan mengarah pada warna merah. Sementara nuansa dingin lebih condong ke warna biru.

Demikianlah beberapa tips seputar komposisi dan elemen pada fotografi. Dengan memaksimalkan kedua hal tersebut, Anda pasti bisa menghasilkan foto yang sangat menarik, terlepas dari apa pun kamera yang digunakan. Foto menggunakan gadget pun bisa menarik jika Anda memanfaatkan teknik dasar fotografi tadi.