Mengenal Fotografi Surealis Lengkap dengan Fotografernya

Mengenal Fotografi Surealis

Mungkin Anda pernah melihat beberapa foto unik yang tampak seperti nyata namun Anda yakin foto itu adalah hasil editan photoshop. Foto jenis ini bisa saja menggunakan perpaduan teknik tertentu dalam pengambilan gambarnya dan sedikit sentuhan edit pada akhir. Salah satu teknik yang digunakan beberapa fotografer adalah fotografi surealis.

Fotografi surealis adalah suatu jenis foto yang bersinggungan dengan surealisme. Surealisme sendiri adalah sebuah teknik berpikir tanpa logika. Keindahan yang diciptakan dari suatu karya dengan surealisme ini sendiri terbilang tak biasa dan jauh dari pemikiran orang awam umumnya.

Surealisme awalnya hanya digunakan pada seni lainnya, seperti lukisan dan karya sastra. Namun, seiring dengan perkembawangan waktu, surealisme pun diterapkan pada fotografi.

Di bawah ini tercantum beberapa penjelasan singkat tentang fotografi surealisme beserta fotografernya.

Tentang fotografer surealisme

Seorang fotografer surealisme mampu menciptakan sebuah hasil foto yang tidak lazim pada orang kebayakan. Dengan teknik yang benar dan tidak asal-asalan, para fotografer surealis akan menggabungkan distorsi, komposisi, dan teknik lainnya untuk menghasilkan karya foto yang maksimal dan mumpuni.

Untuk lebih jelasnya, mari lihat siapa saja mereka yang menggunakan surealisme ini.

  1. Jati Putra Pratama

Pratama merupakan seorang desainer grafis asal Indonesia. Ia mampu mengubah sebuah foto landscape dengan hasil yang tak biasa.

Konsep yang dibawanya dalam foto surealisnya, jelas tampak bahwa foto-foto tersebut melawan gravitasi bumi. Nah, jika Anda pernah menonton film inception, kurang lebih Anda akan mendapat gambaran perspektif terhadap foto Pratama.

  1. Sandy Skoglund

Adalah seorang seniman yang dari Amerika Serikat, memanfaatkan makanan sebagai objek fotonya. Potret yang dihasilkannya pun menjadi terlihat tak biasa. Hasilnya menjadi terkesan surealis.

Dekorasi yang tersusuan apik dan pemilihan warna pada meja dan piring yang digunakan juga termasuk brilian. Setiap yang akan melihat hasil fotonya tersebut pasti akan berfokus pada gradasi pola-pola warna latar yang tercipta.

  1. Christopher McKenney

Lain lagi halnya dengan Christopher McKenney. Ia lebih senang disebut seorang seniman dibanding fotografer, karena hasil jepretannya mengandung makna dan seni yang tinggi. Mckenny yang berasal dari Pennsylvania, Amerika Serikat ini menggunakan tema horor dan  penuh misteri pada objek yang digunakannya.

Foto yang dihasilkan oleh McKenney menampilkan sosok tanpa wajah, potongan kepala yang lepas di tengah jalan, hingga foto dengan setengah badan yang melayang. Tak heran mengapa hasil fotonya mampu membuat Anda merinding.

  1. Karen Jerzyk

Kecintaan Karen Jerzyk pada fotografi bermula pada hadiah kamera digital dari orangtuanya. Sejak saat itu, ia pun mulai belajar fotografi hingga akhirnya kini menjadi salah satu fotografer ternama dan juga mengangkat unsur surealisme.

Nuansa fantasi yang diciptakan oleh Karen memakan waktu yang cukup lama. Ia benar-benar mendekor ruangan yang digunakannya dengan pewarnaan yang pas dan senada. Tema “warna” yang digunakannya ini mampu membuat Anda berdecak kagum. Hasil fotonya tentu menakjubkan dan sebanding dengan usahanya dalam mendekorasi segalanya.

  1. Charlie Davoli

Jika fotografer lainnya menciptakan hasil foto surealis dengan menggunakan kamera dslr, lain halnya dengan Charlie Davoli. Davoli hanya mengandalkan kamera pada ponsel (iphone) sebagai alat baginya untuk bekerja. Bahkan kualitas yang  dihasilkan pun dapat sebanding dengan kamera dslr.

Anda dapat menemukan hasil foto kreatifnya ini di akun instagramnya @charlie_davoli. Ada puluhan hasil foto surealis dari sentuhan tangan Davoli yang ia unggah. Foto-fotonya tampak nyata dan indah dipandang.

Ternyata fotografi tak melulu soal potret keindahan alam dan manusia saja. Perpaduan antar foto tersebut juga menghasilkan sebuah kesan foto lain yang menakjubkan dan indah. Ide fantasi dan liar sangat menentukan hasil foto yang akan tercipta. Anda tertarik untuk mempelajarinya?