DSLR Atau Mirrorless? Mana Yang Paling Bagus?

DSLR Atau Mirrorless?

Dunia fotografi dan videografi kian berkembang dewasa ini. Jika dahulu foto dan video harus menggunakan kamera yang berbeda, namun tidak dengan jaman sekarang. Satu kamera digital bisa melakukan keduanya.

Dalam perkembangannya, DSLR menggantikan peran fotografi film. Nah, saat ini DSLR mendapat penantang yang disebut SLT atau lebih dikenal dengan kamera mirrorless. Apa perbedaan keduanya? Yang mana yang lebih baik?

Perbedaan DSLR dan Mirrorless

Sebelum mengetahui mana yang lebih baik, Anda perlu tahu dulu perbedaan antara kedua jenis kamera digital tersebut. Meski memiliki prinsip dasar fotografi yang sama, namun ternyata ada perbedaan dalam sistemnya operasinya.

  1. DSLR

Kamera jenis ini adalah digitalisasi kamera SLR yang menggunakan film. DSLR adalah kependekan dari Digital Single Lens Reflect. Artinya, gambar yang dibidik melalui lensa, akan dipantulkan menggunakan kaca di dalam body kamera menuju viewfinder alias jendela intip pada kamera.

Kaca itulah yang disebut dengan rana. Ketika tombol shutter ditekan, maka kaca itu akan membuka, sehingga citra gambar bisa diteruskan ke bagian sensor. Berbeda dengan film, gambar yang ditangkap oleh sensor akan langsung disimpan pada kartu memori.

  1. SLT Atau Mirroless

Single Lens Translucent adalah sebuah sistem yang dikembangkan dari kamera saku. Di mana citra gambar dari lensa akan langsung menuju sensor, tanpa melewati rana atau kaca terlebih dahulu. Itu sebabnya kamera jenis ini akrab dengan istilah mirrorless.

Disebut pengembangan dari kamera digital biasa, karena kamera mirrorless memiliki akses untuk bisa bergonta-ganti lensa. Mungkin tepat jika menggambarkan kamera mirrorless sebagai perpaduan dari DSLR dan kamera pocket.

DSLR vs Mirrorless, Pilih Yang Mana?

Kedua jenis kamera ini tentu memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing. Pada dasarnya, pemilihan jenis kamera perlu dilihat dulu dari kebutuhan Anda. Untuk membantu Anda memutuskan, berikut ini ada beberapa keunggulan dan kekurangan kedua jenis kamera tersebut:

  1. Ukuran dan Bobot

DSLR memiliki body yang cukup besar dan relatif berat. Hal ini akibat sistem mekanik di dalam kamera DSLR yang lebih rumit. Sementara mirrorless memiliki ukuran layaknya kamera saku. Beratnya pun cukup ringan sehingga mudah dibawa.

  1. Kecepatan Sensor

DSLR melakukan dua tahapan ketika dipakai untuk memotret. Sementara mirorless hanya satu langkah. Jelas pemenangnya adalah mirrorless untuk sensor gambar. Tetapi, untuk sensor fokus otomatis dan sensor pada kondisi minim cahaya, DSLR masih terlalu tangguh bagi mirrorless.

  1. Kualitas Video

Pada umumnya, kamera mirrorless memiliki kualitas video yang lebih baik daripada kebanyakan DSLR. Bahkan, mirrorless yang murah pun sudah mampu untuk merekam video dengan kualitas gambar 4K. Tetapi, untuk penggunaan profesional, baik mirrorless dan DSLR sama-sama mumpuni.

  1. Fleksibilitas Aksesoris

Kedua jenis kamera ini memiliki keunggulan yaitu bisa mengganti lensa. Nah, dalam hal ini DSLR yang menang. Cakupan pilihan lensa dan aksesoris untuk DSLR jauh lebih banyak daripada mirrorless. Namun di masa depan, bukan tak mungkin mirrorless justru memiliki range lensa serta piranti pelengkap yang jauh lebih baik daripada saat ini.

  1. Durabilitas Baterai

Karena masih menggunakan mekanik SLR, maka kamera DSLR memiliki daya tahan baterai yang lebih panjang. Sementara kamera mirrorless mengaplikasikan sejumlah sensor yang banyak memakan daya baterai.

Lihat Juga : Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android 2019

Kini, Anda sudah tahu perbedaan serta plus minus dari DSLR dan mirrorless. Tinggal disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda saja. Fyi, kedua jenis kamera tersebut cukup mahal untuk kelas semi-pro hingga profesional.