Cara Mengurangi Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Mengurangi Bekas Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan fenomena yang sudah tidak asing lagi. Hampir setiap orang pernah mengalami gangguan jerawat yang muncul dan menggangu penampilan. Tidak hanya menggangu saat sedang muncul, bahkan saat jerawat sudah mengempes kerap kali meninggalkan bekas yang tidak kalah menggangu.

Berikut ini akan kami sajikan cara mengurangi bekas jerawat secara alami yang bisa Anda terapkan dirumah.

Penyebab Noda Hitam pada Jerawat

Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi munculnya jerawat. Pertama adalah faktor hormon, faktor ini kerap kali terjadi pada masa-masa pubertas dan sering kali tidak dapat dihindari. Faktor kedua adalah bakteri yang kerap muncul dari polusi maupun pola hidup yang tidak steril.

Faktor ketiga adalah penggunaan make up yang berlebihan atau tidak cocok. Beberapa jenis make up dapat menyumbat pori dan memunculkan jerawat.

Faktor lainnya adalah makanan yang berminyak maupun berlemak. Pada beberapa orang, makanan –makanan tertentu akan langsung memberikan reaksi alergi berupa munculnya jerawat.

Tentu saja perlu diingat bahwa kemunculan jerawat dapat berbeda tiap orangnya, tergantung dari jenis kulit dan perawatan kulit yang didapatkan. Tidak hanya itu, jenis-jenis jerawat sendiri terbagi menjadi beberapa kategori.

Baca Juga : Deretan Kontroversi yang Pernah Terjadi Di Liga Indonesia

Beberapa jenis jerawat cenderung meninggalkan bekas kehitaman setelah jerawat mengempes.

Bekas jerawat inilah yang banyak menjadi masalah pelik bagi banyak orang. Obat-obat jerawat ampuh sekalipun kerap kali hanya mampu mematikan jerawat, namun tidak dapat mengatasi bekas kehitaman yang ditinggalkan. Padahal ada beberapa bahan alami yang dapat menjadi cara mengurangi bekas jerawat secara alami.

BahanAlami Sebagai Cara Mengurangi Bekas Jerawat

Bahan-bahan alami kini menjadi primadona dalam dunia skincare. Trend menunjukkan bahwa banyak orang lebih memilih bahan-bahan alami ketimbang bahan sistesis untuk menjaga kecantikan kulitnya. Berikut adalah cara mengurangi bekas jerawat secara alami menggunakan bahan-bahan alami sehari-hari:

  1. Lemon

Lemon merupakan buah serbaguna yang memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat-manfaat tersebut telah banyak digunakan dalam dunia kesehatan dan kuliner.

Caranya mudah cukup peras air jeruk lemon dan oleskan pada lokasi bekas jerawat. Langkah-langkah ini dapat dilakukan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Lidah buaya (Aloe Vera)

Bahan alami yang satu ini juga sudah populer di khalayak sebagai tanaman kesehatan dengan manfaat segunung. Liday buaya sudah terkenal lama dapat membantu mengobati luka bakar hingga melebatkan rambut. Lidah buaya juga ternyata dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya sangat sederhana. Cukup ambil gel dari dalam kulit lidah buaya lalu oleskan pada bagian-bagian yang membutuhkan.

  1. Mentimun

Jenis sayur yang berupa buah ini ternyata tidak hanya menawarkan kesegaran sebagai makanan, namun juga dapat membantu menhilangkan bekas jerawat. Kandungan vitamin A dan vitamin C serta magnesium sangat berperan dalam mencerahkan kulit.

Cara pemanfaatannya sederhana, cukup iris timun tipis-tipis. Kemudian letakkan irisan-irisan ini di bagian wajah yang memerlukan.

  1. Kentang

Bahan alami yang satu ini mungkin cukup jarang diketahui manfaatnya bagi kecantikan. Tidak hanya enak dikonsumsi, kentang mengandung vitamin dan mineral yang juga dapat berperan dalam menjaga kecantikan kulit.

Cara pemanfaatannya juga sangat sederhana. Anda bisa mengiris tipis ketang tersebut lalu letakan pada bagian jerawat. Jika sudah selesai, kamu bisa membilasnya dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Demikian kami sajikan cara mengurangi bekas jerawat secara alami, semoga bermanfaat!