Cara Memotret Human Interest Dalam Seni Fotografi

Cara Memotret Human Interest Dalam Seni Fotografi

Fotografi tidak hanya sekedar hobi yang disalurkan degan memotret berbagai objek yang diiginkan. Lebih dari itu, fotografi adalah seni yang mengisahkan tentang berbagai hal dan kejadian lewat foto yang ditangkap oleh kamera si pemiliknya.

Banyak sekali potret yang diciptakan oleh seorang fotografer, salah satunya adalah human interest.

Apa Itu Human Interest?

Dalam seni fotografi human interest merupakan salah satu potret yang menggambarkan suasana kehidupan maupun aktifitas keseharian manusia. Dalam hal ini mengutamakan pada lingkungan tertentu dan berbeda dengan fotografi jurnalistik.

Kesan potret yang dihasilkan akan jauh lebih natural dan apa adanya, tidak seperti jurnalistik yang mengedepankan informasi dan etika secara mendalam.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memotret Human Interest

Meskipun objek potret adalah masyarakat dengan segala macam aktifitasnya, namun untuk menghasilkan foto yang baik dan berkesan, seseorang perlu memahami hal yang cukup penting. Beberapa hal tersebut antara lain:

  1. Memberikan kesan lebih dramatis namun cukup untuk menggambarkan suasana pada lingkungan tersebut.
  2. Memotret di pasar bisa dilakukan ketika travelling, tidak ada aturan wajib.
  3. Objek foto tidak harus selalu orang tua, namun anak kecil di lingkungan sekitar juga bisa menjadi objek menarik.
  4. Foto harus mewakili dan mampu menangkap suasana meskipun tidak selalu dalam bentuk close up
  5. Gunakan lensa tele pada waktu tertentu, sebagai contoh yaitu memakai 70-200 mm
  6. Waktu terbaik untuk memotret adalah pagi dan sore hari

Tips Memotret Human Interest

Kadang meskipun sudah memperhatikan hal-hal di atas, foto yang dihasilkan masih kurang sesuai dengan harapan. Foto mungkin masih kurang hidup atau hanya sekedar foto saja.

Nah berikut ini beberapa cara atau tips yang bisa dipraktekkan untuk memotret human interest.

  1. Lakukan Travelling

Kebanyakan fotografer pasti orang yang menyukai travelling. Karena dengan travelling ke berbagai tempat dengan keragaman budaya dan aktifitas akan membuat mereka lebih mudah dalam menyalurkan hobynya.

Seseorang akan menemui banyak orang dengan aktifitas dan budaya atau kultur beragam. Ini bisa menjadi objek yang tidak akan pernah ada habisnya untuk difoto.

  1. Mengunjungi Festival

Salah satu acara yang jarang diadakan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Selalu ada hal baru dan moment yang bisa diabadikan dengan kamera. Kunjungilah festival untuk mendapatkan potret human interest yang berkesan dan menarik.

  1. Memotret Ketika Berada Di Pasar

Mungkin banyak yang bertanya mengapa harus memotret human interest dipasar. Hal ini karena pasar menjadi tempat untuk berkumpulnya berbagai aktivitas mulai dari transaksi, berdagang, dll. Dengan memotret di pasar seseorang akan menjumpai banyak orang dan aktivitas untuk menghasilkan foto human interest yang berkesan.

  1. Foto Senatural Mungkin

Untuk menciptakan hasil foto yang natural, hindari membawa lensa dengan ukuran besar. Hal ini karena akan membuat objek merasa grogi sehingga foto menjadi tidak natural. akan lebih baik jika kamu menggunakan kamera yang kecil dan tidak terlalu mencolok.

  1. Bawalah Permen

Anak kecil akan sangat menyukai permen. Jangan lupa untuk membawa permen untuk lebih memunculkan kesan kebahagiaan pada potret. Berikan permen tersebut pada anak kecil yang kamu temui. Senyum tulus dan pancaran kebahagiaan dari objek membuat potret terasa lebih hidup.

  1. Perhatikan Kondisi Alam Dan Budaya

Setiap tempat selalu memiliki kondisi alam dan kultur yang berbeda. Sebaiknya seorang fotografer mempelajari terlebih dahulu sebelum akhirnya terjun langsung di dalamnya. Selalu ingat, dimana tanah di pijak, disitu langit dijunjung.

  1. Komunikasi

Menjalin komunikasi sangat penting untuk dilakukan bagi seorang fotografer. Usahakan sebelum memotret berkomunikasi terlebih dahulu dengan calon objek. Disamping seseorang merasa lebih dihargai, hasil foto juga akan jauh lebih bagus.

  1. Lakukan Di Pagi Dan Sore Hari

Human interest identik dengan hasil foto yang dramatis. Nah untuk mendapatkan hasil tersebut, moment foto terbaik adalah pagi dan sore hari. Di pagi hari akan menemukan suasana sedikit berkabut dan moment sunset ketika sore hari.

  1. Perhatikan Komposisi

Meskipun konsep dan teknik rule of third itu sangat penting namun bukan berarti seorang fotografer harus terpaku pada hal itu saja. Selalu lakukan eskperimen untuk bisa menambah skill memotret dan biarkan orang lain yang menilai karya kita.

Baca Juga : Tips Mudah Menang Saat Bermain di Judi Poker Apk

Nah itulah beberapa tips untuk menghasilkan foto human interest yang bagus dan berkesan. Teruslah berlatih dan memotret untuk mendapatkan foto-foto terbaik.

Foto human interest yang bagus tidak hanya sekedar foto, namun lebih dari itu ada makna terkandung di dalamnya.