7 Fotografer Legendaris Dengan Karya Paling Fenomenal

7 Fotografer Legendaris

Berbeda dengan buku yang hanya bisa dipahami maksud dan tujuannya setelah dibaca sampai tuntas, gambar menunjukkan kualifikasi seni yang berbeda. Terkadang sangat mudah menjelaskan maksud di dalamnya tapi terkadang juga sebaliknya.

Saking sulitnya hingga kita harus berpikir selama beberapa detik untuk memahami maksud gambar tersebut. Tak berapa lama kemudian kita akan tersenyum karena mengetahui maksud dari foto tersebut.

Di dunia, ada banyak fotografer legendaris yang memiliki karya fenomenal. Karyanya dikenal dengan baik oleh banyak orang bahkan diakui memiliki nilai-nilai artistic tinggi. Dan tentu saja hanya beberapa orang yang bisa melakukan karena untuk menghasilkan gambar dengan kualitas visual yang baik dibutuhkan teknik dan ide yang tidak main-main.

Rangkuman Fotografer Legendaris Dengan Karya Terbaik

Suatu gambar atau foto bisa dikatakan melegenda dan fenomenal bila memiliki kisah di dalamnya. Bisa juga karena nilai artistic pada foto yang tampak sangat nyata. Berikut ini daftar nama fotografer dengan karya terbaiknya:

1. Richard Kalvar

Banyak fotografer kontemporer pemula yang belajar darinya. Hasil karya fotografi dari Richard Kalvar memang memiliki nilai seni kontemporer yang sangat kuat. Dia berhasil mengangkat seni dengan cara yang sangat unik bahkan terkadang terkesan aneh.

Dalam wawancaranya bersama Blakeandrews pada tahun 2013 lalu, Kavlar mengungkapkan bagaimana caranya mengambil foto yang bagus. Dia mengatakan jika sebelum membuat foto, dia akan menciptakan sebuah drama sederhana. Orang akan mulai bermimpi, berpikir, berfantasi, tersenyum dan merasakan. Saat momen indah seperti itu, kavlar akan mengambil foto yang diinginkannya.

2. Nadav Kander

Sejak dahulu hingga kini, karya-karya Kander masih dikenal sebagai karya foto lanskap paling fenomenal. Salah satu foto terbaik yang menjadi fenomenal adalah Foto Obama.

Ketika memperoleh tugas dari New York Times, Kander menunaikan tugasnya dengan baik. Foto Obama yang didokumentasikannya dinilai sebagai foto terbaik yang mampu membuat orang berdecak kagum.

3. Dorothea Lange

Meskipun sudah tidak bisa berkontribusi lagi di dunia fotografi, karya melegenda dari Dorothea Lange masih tetap dikenang oleh banyak orang. Bahkan sampai sekarang ia disebut sebagai fotografer paling berpengaruh di Amerika.

Meskipun sudah lama meninggal, semasa hidupnya Dorothea Lange telah berhasil mendokumentasikan masa sulit yang pernah di alami Amerika ketika krisis ekonomi. Masa-masa sulit tersebut terjadi sebelum meletusnya perang dunia ke-2. Fotonya yang paling fenomenal adalah “Great Depression”

4. Richard Avedon

Belajar menghasilkan karya fotografi potret terbaik, maka kamu harus belajar dari Richard Avedon. Menurut Richard, menjadi seniman itu tidak mudah sama tidak mudahnya seperti bertarung.

Untuk menghormati jasa-jasanya, The New York Times sengaja menerbitkan obituary setelah kematiannya.

5. Pieter Hugo

Karyanya memiliki unsur seni yang sangat tinggi dan unik. Fotografer asal Afrika Selatan ini berhasil membawa orang-orang Afrika untuk keluar dari zona nyamannya. Dengan sedikit dorongannya, Pieter Huga berhasil membuat banyak orang untuk lebih berani mengapresiasikan dirinya.

6. Hiroji Kubota

Jika sebelumnya adalah nama-nama fotografer legendaris dari Amerika dan Afrika, maka inilah salah satu fotografer legendaris yang mewakili Asia. Fotografer ini berhasil meraih banyak penghargaan berkat fotonya yang fenomenal.

Bisa dibilang jika Hiroji Kubota merupakan Fotografer Asia dengan deretan penghargaan yang sangat banyak. Di mulai dari kemenangannya atas ajang penghargaan tahunan fotografi yang diselenggarakan di Jepang 1981 dan Mainichi Art Prize yang dilakukan setahun sebelumnya.

7. Mary Ellen Mark

Fotografer ini dikenal hebat menciptakan potret yang unik dengan nilai jurnalistik di dalamnya. Karyanya pernah dipublikasikan oleh Rolling Stone, The New Yorker, New York Times dan Vanity Fair. Kita masih bisa menikmati hasil fotonya yang fenomenal di galeri, hampir semua galeri fotografi memajang karyanya.

Itulah deretan fotografer paling legendaris dengan karya terbaik yang sangat fenomenal hingga sekarang. Kita bisa belajar menjadi fotografer handal dari karya-karya mereka.