5 Latihan untuk Mengembangkan Bahu Khusus Pemula

5 Latihan untuk Mengembangkan Bahu Khusus Pemula

Memiliki bentuk tubuh ideal dan menarik menjadi impian setiap orang di dunia. Beberapa orang bahkan rela merogoh kocek cukup dalam untuk membentuk tubuh.  Dan salah satu bagian tubuh yang cukup sering dibentuk adalah bahu.

Sebenernya bahu merupakan salah satu bagian yang cukup mudah untuk kita bentuk. Kenapa?

For your Information, bahu adalah bagian yang menjadi berkumpulnya lemak. Itu artinya, bahu yang tidak ideal karena terdapat banyak lemak. Jika kita olahraga secara teratur, lemak tersebut akan sangat mudah untuk hilang.

Faktanya, kegiatan apa pun yang dilakukan dengan beban di tangan akan menstimulasi keseluruhan otot dari pergelangan tangan hingga bahu. Maka dari itu kunci dari melatih otot bahu adalah keseimbangan dan kekuatan, dan tentu saja dengan waktu latihan yang teratur.

Latihan yang Cocok untuk Mengembangkan Bahu

Apabila Anda memiliki keinginan untuk melatih otot bahu atau lengan secara keseluruhan, Anda bisa melakukan cara-cara sederhana yang cocok bagi pemula seperti berikut ini :

  1. Arm Circle

Gerakan arm circle atau gerakan memutar tangan, merupakan olahraga sederhana dengan berfokus pada otot bisep dan trisep. Gerakan arm circle akan menyebabkan kedua otot tersebut  bekerja sama untuk membakar lemak di tangan.

Dalam praktiknya, bisa ditambahkan penggunaan barbel kecil atau tipe beban lainnya untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

Latihan ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan lurus ke samping tubuh. Kemudian, buka tangan selebar bahu dan putar tangan searah jaruh jam dan lakukan beberapa kali.

Anda juga bisa melakukan variasi gerakan seperti mengganti posisi tangan ke depan atau melakukan arm circle dengan berbaring.

  1. Push Up

Ini juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan lemak sekaligus membentuk oto pada bagianbahu. Badan harus dalam posisi yang benar dengan ditopang oleh tangan serta posisi kaki yang benar jika ingin hasilnya maksimal.

Pastikan gerakan naik turun murni berasal dari kekuatan tangan Anda dan posisi badan ketika turun harus optimal (tidak ada bagian tubuh lain yang tidak ikut turun, misalnya bagian bokong). Latihan ini menggunakan berat tubuh Anda sebagai beban untuk melatih otot bahu.

  1. Plank

Mungkin Anda baru pertama kali mengetahui istilah plank, padahal sebenarnya plank merupakan gerakan sederhana yang mirip dengan push up. Hanya saja gerakan ini  berfokus pada kekuatan bahu menahan berat tubuh dalam waktu yang cukup lama.

Anda bisa mengambil posisi badan seperti push up, namun Anda diam saja dan tidak melakukan gerakan naik turun. Lalu, lakukan selama waktu tertentu,misalnya 10 menit.

Dalam posisi diam, otot bahu Anda akan menegang dan terstimulasi karena menahan berat tubuh Anda. Namun sebaiknya, jangan terlalu lama Anda berdiam dalam posisi ini, karena bisa berpotensi mengalami stress otot.

  1. Pull Up

Merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan di mana saja, asalkan ada tumpuan untuk menggantungkan tubuh. Setelah Anda berada dalam posisi menggantung, naik turunkan tubuh Anda secara simultan.

Yang perlu diperhatikan yaitu posisi kepala Anda harus melewai tumpuan tersebut ketika mengangkat badan Anda ke atas. Otot bahu dan otot lain akan terstimulasi dan bekerja sama untuk membakar lemak di tangan.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Warga Spanyol ini Patahkan Stigma Masyarakat Eropa Individualis

Lakukan gerakan ini selama beberapa kali setiap hari, untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Standing 45 Degree Lateral Raises

Kegiatan ini umumnya dilakukan di tempat gym atau senam, tapi bisa dipraktekkan sendiri di rumah dengan peralatan seadanya. Yang kalian perlukan adalah barbel atau beban dengan berat tertentu.

ara praktiknya mula-mula mencondongkan badan ke sebelah kiri atau kanan dengan bertumpu pada tiang atau dinding. Baru kemudian barbel yang berada di tangan diangkat naik turun. Kegiatan angkat beban ini berfokus pada daya tahan dan kekuatan tangan untuk mengangkat beban.

Lakukan minimal 10 kali angkatan dengan berat barbell minimal 5 kg. Untuk hasil lebih maksimal, usahakan lakukan kombinasi angkat beban sejajar dengan dada 5 kali dan angkat beban melewati batas kepala 5 kali.

Satu hal yang paling penting adalah niat Anda untuk membentuk otot bahu. Jika Anda memiliki kemauan dan keseriusan dalam melatih otot bahu dengan latihan sederhana seperti disebutkan di atas. Maka, sudah pasti akan memperoleh hasil maksimal. Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dan minum air putih secara teratur, agar metabolisme tubuh terjaga.